UNTUK APA BELAJAR AL-QUR’AN?

‘Mengajari Cara Berenang, Bukan Melarangnya’

Di sinilah pentingnya menjadikan al-Qur`an pondasi moral kehidupan kita sebagai Muslim menjadi bagian dari aktivitas kegiatan anak-anak kita sehari-hari secara menyenangkan.

Mereka boleh saja menonton televisi, searching di internet, bermain berbagai macam piranti gadget, karena memang era teknologi semacam sekarang ini tidak bisa dibendung oleh siapa pun.

Tapi yang terpenting, di dalam segala aktivitas mereka, ada al-Qur`an yang “masuk” menjadi bagian dari kegiatan mereka secara menyenangkan. Ibaratnya; mengajari cara berenang dan bukan melarangnya.

 

Mengajarkan Cara Mencintai Al-Qur’an

Nah, jika kita tidak berupaya menyenangkan anak-anak kita dengan konten al-Qur`an, niscaya mereka akan bersenang-senang dengan berbagai macam konten yang justru bisa menghancurkan moral dan spiritual mereka. Harus ada upaya dari kita sebagai orang tua untuk membuat mereka senang menikmati konten-konten qur`ani. Hal ini dilakukan agar membuat moral dan perilaku mereka terjaga sekaligus tidak mengurangi masa kecil mereka untuk bermain dengan sesuatu yang menyenangkan, apapun itu. HATAM adalah cara menghafal Al-Qur’an yang bersahabat dengan multimedia yang sedang disukai anak-anak.

Begitu banyak hadits dan perkataan ulama yang meng-ulas tentang keutamaan (fadhilah) jika kita akrab deng-an al-Qur`an. Hal ini menunjukkan bahwa betapa penting mempelajari dan memahami al-Qur`an.

Oleh kerena itu, di dalam hati setiap orang yang beriman hendaknya terdapat keinginan yang kuat untuk hafal  ayat-ayat Kitab Suci ini. Bahkan jika seandainya kita diperbolehkan untuk “cemburu”, maka cemburu yang baik adalah terhadap para penghafal al-Qur`an.

DOWNLOAD APLIKASI HATAM

Follow me on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »
WhatsApp chat